Kamis, 20 September 2012

Aspirasi Dibatasi Jarak

Thursday, 20 September 2012 at 15:27 ·
Pagi ini, ibu kota disibukkan dengan berbagai persiapan jelang pemilihan Gubernur di wilayah tersebut. Di hari-hari sebelumnya diadakan debat calon gubernur yang sangat panas, mungkin bisa kali ya nyamain panasnya Solo di siang bolong. Banyak temen-temen, dosen bahkan Kajur (Ketua Jurusan)  gue juga ikut-ikutan nanya ke gue mau milih siapa gue nanti pas pilkada DKI? terus gue mikir, katanya yang namanya pemilu itu rahasia, kita milih siapa yang bakal kita pilih itu juga rahasia ini kok orang-orang pada kepo (mau tau) banget ya sama yang bakal gue pilih. nah terus gue bilang, "gue gak milih". nah loh pada bengong kan.
sekarang kalo dipikir-pikir dari statement gue barusan alesannya beragam tapi cuma satu yang pasti, gue gak bisa milih cuma gara-gara jarak. iya secara gue yang lagi nuntut ilmu di luar kota kelahiran gue, Jakarta jadi gak bisa ikut pilkada. seenggaknya gue bisa lah jadi penyebab antara bagus atau nggaknya Jakarta ke depan. tapi, coba dipikir lagi deh sekarang banyak puluhan bahkan ribuan mahasiswa yang gak mahasiswa juga ada sih yang berasal dari Jakarta, punya KTP Jakarta dan ke daftar jadi peserta pemilu yang gak bisa partisipasi di pesta 5 tahunan itu. Jangan ngeliat kalo mahasiswa asal Jakarta yang kuliah di luar kota atau negeri itu gak peduli sama pilkada DKI, sesungguhnya masih ada niatan buat mereka (termasuk gue) buat ikut "nyoblos" tapi emang belum sempet aja, belum ada waktu yang tepat buat milih.
Pikiran-pikiran super gue mulai bereaksi, kenapa pemerintah gak bikin sistem pemilu online buat para mahasiswa dan orang-orang yang sesungguhnya warga Jakarta, punya KTP Jakarta dan ke daftar jadi peserta pemilu. Simple sih khususnya yang udah ngerti komputerisasi, kan sekarang mau launching E-KTP tuh kenapa gak coba diprogram cara-cara pemilu online lewat situ kali aja bisa, seenggaknya banyak aspirasi masyarakat DKI yang punya hak pilih yang ada di luar DKI gak kebuag sia-sia. Udah gitu kita juga bisa usaha penyelamatan bumi, iya bisa dong kan pemilu pasti ngeluarin kertas-kertas yang isinya cagub dsb nya tuh, nah kertas yang dipake kan dari kayu tuh, nah kayu kan dari pohon yang ditebang tuh seenggaknya coba dipikir kalo pake sistem online kan gak mesti pake kertas lagi buat di tusuk-tusuk terus dibuang kalo udah kelar di pake. Kalo udah gitu kan kita udah nyelametin kehidupan khususnya lewat penyelamatan pohon yang berpengaruh buat ekosistem di dunia khususnya di Indonesia (wihh mantap hahaha).
yah terlepas dari pikiran super gue (hahahah), gue cuma berharap semoga orang-orang yang aspirasinya dibatasi oleh jarak ini punya haknya dikemudian hari. harapan gue buat pilkada DKI kali ini semoga aman, tertib dan teratur. semoga akan lahir pemimpin-pemimpin yang adil, jujur dan bijaksana (AMINN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar